UA-169280022-1 Kehidupan di Jepang. Mengenal Aneka Tahu. Tak Sangka Jadi Makin Tahu. - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Kehidupan di Jepang. Mengenal Aneka Tahu. Tak Sangka Jadi Makin Tahu.

by - February 03, 2021



 
Kehidupan di Jepang Mengenal Aneka Tahu. Tak Sangka Jadi Makin Tahu.

Siapa saja tentu mengenal tahu, kan? Salah satu pangan berbahan dasar kacang kedelai ini tentu sangat akrab bagi di telinga Sahabat. Ternyata tak hanya di Indonesia, tahu juga sangat digari oleh warga Jepang. Ada banyak variasi tahu yang bisa dijumpai di Negeri Sakura ini. Kehidupan di Jepang, Mengenal Aneka Tahu, Tak Sangka Jadi Makin Tahu. 


Kehidupan di Jepang. Mengenal Aneka Tahu. Tak Sangka Jadi Makin Tahu. 

Sudah dikasih tempe masih minta tahu. Eh, ini bukan pepatah yang itu ya? Hehee... 

Salah satu pangan dari olahan kedelai ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan untuk di beberapa kota, makanan ini menjadi salah satu daya tarik wisata dari segi kuliner, macam tahu sumedang, tahu tek tek, tahu telupat sampai tahu gejrot. 

Duh, menulis aneka menu khas kota Sumedang, Surabaya, Magelang sampai Cirebon itu membuat harus menelan ludah karena membayangkan kelezatannya. Maklum, sudah lama belum ada kesempatan untuk pulang kampung membuat rasa rindu akan kuliner tanah air harus ditahan untuk sementara waktu. 


Biar ga kelamaan terbang membayangkan aneka kuliner Nusantara, aku ingin berbagi sedikit pengalaman tentang makanan yang berasal dari kedelai dan menjadi salah satu sumber protein nabati ini. Kehidupan di Jepang. Mengenal Aneka Tahu, Tak Sangka Jadi Makin Tahu. 


Masyarakat Jepang sangat gemar dengan tahu, karena selain sebagai sumber protein juga mengandung zat besi, karbohidrat,kalsium, magnesium dan aneka vitamin. 


Selama tinggal di negara yang juga terkenal dengan wisata Gunung Fuji ini, akupun senang mengeksplor tentang olahan pangan yang proses pembuatannya diawali dengan pembuatan bubur kedelai ini, karena mudah didapat di tiap pasar swalayan. Bagaimana tidak? Mulai dari suami, anak sulung dan baby K yang belum genap dua tahun pun suka dengan aneka olehan pangan ini.  Tahu dapat diolah menjadi aneka lauk maupun kudapan yang lezat


Baca Juga : Tsukuba, Kota Ilmu Pengetahuan di Jepang. 

Mengenal Aneka Tahu di Jepang. Tak Sangka Jadi Makin Tahu. 

Saking kerapnya membeli, aku jadi mengetahui tentang beberapa macam tahu yang biasa dijual di pasar swalayan kota Tsukuba. Mengenal Aneka Tahu di Jepang, Tak Sangka jadi Makin Tahu. 


Berikut ini aneka tahu yang bisa ditemukan di Supermarket berdasarkan pengalaman saat bermukim di Jepang. 

1. 木綿豆腐, Momen Doufu, Tahu Kapas 

Tahu dibuat dengan menambahkan koagulan ke susu kedelai untuk menggumpalkannya. Jenis tahu ini berwarna putih dan memiliki tekstur pada bagian permukaannya serta memiliki kandungan kalsium yang tinggi. 

Mirip sekali dengan tahu putih yang biasa dijual di pasar ataupun abang tukang sayur yang keliling kompleks. Meski mirip, menurutku kandungan air tahu kapas ini lebih banyak daripada jenis tahu yang ada di Indonesia. Terbukti saat ingin kugoreng sebagai lauk pelengkap sayur lodeh, hasilnya tidak bisa garing di bagian pinggir. 

Kehidupan di Jepang. Mengenal Aneka Tahu. Tak Sangka Jadi Makin Tahu.


2. 絹ごし豆腐、Kinugoshi Doufu, Tahu Sutra 

Proses pembuatan tahu ini mirip tetapi koagulan yang ditambahkan ke dalamnya memiliki konsentrasi yang lebih kental sehingga memberikan efeks yang lembut atau silking. Dikenal juga dengan sebutan Tahu Sutra. 

Jenis tahu ini sangat baik untuk metabolisme tubuh karena memiliki kandungan air yang cukup banyak. 

Saat menikmati ini, orang jepang umumnya cukup menikmati dengan menuangkan sedikit 醤油, syouyu atau kecap asin serta irisan daun bawang.

Awalnya aku sempat ragu untuk mencobanya, meski sudah diinfo oleh teman bahwa jenis tahu ini bisa langsung dimakan tanpa dimakan, tetap saja membuatku agak mengernyitkan dahi saat mendengar tentang cara menikmati kinugoshi doufu ini. Tapi setelah dua kali mencoba, jadi ketagihan untuk membeli jenis tahu ini. Apalagi saat musim panas, efek dingin dan segar pascamenyantapnya bikin susah move on untuk beranjak dan beraktivitas di luar karena suhu udara yang cukup gerah. 


Baca Juga : Makanan saat Musim Panas di Jepang


3. 焼き豆腐, Yaki Doufu, Tahu Bakar 

Ini merupakan jenis tahu kapas yang telah ditiriskan kemudian dibakar sehingga menjdikannya tidak mudah hancur. Tahu bakar ini sering dipakai untuk jenis masakan Jepang seperti sukiyaki (jenis olahan rebusan), ataupun tumisan. 

Sebelum mengenal tahu bakar, biasanya aku menggunakan tahu kapas untuk dimasukkan ke dalam olahan sup seperti sup miso, membuat baby K lahap setiap disodori dengan menu ini. 


4. 厚揚げ, Atsu Age, Tahu Goreng 

Ini adalah jenis tahu yang dijual di pasar swalayan sudah dalam bentuk digoreng dan berukuran agak tebal. Bila di Indonesia khususnya di Bantul, kampung halaman suamiku, dikenal dengan sebutan tahu magel. 

Ini adalah jenis tahu yang paling sering aku beli. Setiap jadwal belanja pekanan, panganan ini selalu hampir selalu masuk dalam daftar belanja. Entah untuk kubuat menjadi tahu goreng tepung yang garing, campuran tumisan, capcay atau untuk isian gado-gado atau pecel setelah dikukus sesaat. Jadi penyelamat untuk variasi menu masakan di rumah. 

Kehidupan di Jepang. Mengenal Aneka Tahu. Tak Sangka Jadi Makin Tahu.
Aneka produk tahu yang telah digoreng, 油揚げ, abura age



5. 油揚げ, Abura Age, Kulit tahu Goreng 

Saat pertama kali melihat tahu jenis ini sempat heran. Karena bentuknya yang pipih dan tanpa isi. Ya, namanya juga kulit tahu, jadi ya tanpa isi. Hehehe. 

Abura Age ini adalah jenis tahu yang dipotong tipis-tipis sehingga saat digoreng bagian tengahnya menjadi matang, tidak lagi berwarna putih. 

Karena setiap hari sayuran harus tetap tersedia bagi keluarga, membuatku sering mengolahnya bersama tumisan atau sup. Namun, selain sebagai lauk, jenis tahu ini sering kami nikmati bersama kuah atau cuko pempek. Jadi berasa rujak tahu atau tahu gejrot. Sebagai ibu rantau yang jauh dari tanah air, harus bisa kreatif agar bisa tetap menghadirkan kuliner tanah air yang dirindukan. Terbukti padaku, ternyata terjepit dengan rasa rindu akan masakan kampung halaman ternyata mampu melijitkan kemampuan memasak di dapur. 

Alhamdulillah.

Kehidupan di Jepang. Mengenal Aneka Tahu. Tak Sangka Jadi Makin Tahu.


6. おから, Okara

Agak sulit menemukan kata yang pas untuk menerjemahkan ini.  Okara merupakan residu yang tersisa saat susu kedelai diperas dalam proses pembuatan tahu, sehingga banyak mengandung serat bagi tubuh. 

Bila kangen menghampiri akan menu perkedel tahu yang kerap disajikan oleh ibu ketika belum menikah dulu, membuatku memasukkan okara ke dalam keranjang belanja bersama sayuran lain saat me time di pasar swalayan. 

Kehidupan di Jepang. Mengenal Aneka Tahu. Tak Sangka Jadi Makin Tahu.
Beberapa produk olahan kedelai di salah satu supermarket 


Itulah beberapa macam tahu yang bisa ditemukan saat berbelanja ke supermarket di Jepang. Mengenal Aneka Macam Tahu di Jepang, Tidak Sangka Jadi Makin Tahu. 


Tahu adalah makanan olahan kedelai yang sudah lama dimakan di daerah yang luas di Asia Timur dan Asia Tenggara , terutama di Cina daratan (termasuk di pedalaman), Jepang , Semenanjung Korea , Taiwan , Vietnam , Kamboja , Thailand , Myanmar , Malaysia ,dan juga Indonesia. Panganan ini mudah dijumpai sehingga dapat diolah dan disantap setiap hari dengan metode pengolahan yang berbeda-beda di masing-masing negara. 


Sahabat punya cerita serupa tentang salah satu jenis pangan berbahan dasar kedelai ini? Yuk, berbagi. 



Sekian

Semoga Bermanfaat 

ARL 

You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝