UA-169280022-1 8 hal untuk mempermudah menghafal Al-Qur'an - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

8 hal untuk mempermudah menghafal Al-Qur'an

by - September 14, 2020

8 hal untuk mempermudah menghafal Al-Qur'an
Photo by The Dancing Rain on Unsplash. Modified by Canva 


Selain tergolong dalam ummat terbaik karena mempelajari dan mengajarkan Al-Qur'an  ada banyak  keutamaan yang diperoleh dengan menghafalkannya. Yaitu untuk kecerdasan otak, kecerdasan spiritual, turut memelihara Al-Qur'an , mendapatkan syafaat, mendapatkan derajat yang tinggi serta memberi mahkota kemuliaan bagi orang tua di surga. Berikut ini 8 Hal untuk Mempermudah Menghafal Al-Qur'an. 


8 Hal untuk Mempermudah Menghafal Al-Qur'an


Setelah telah lancar dalam membaca Al-Qur'an dengan tajwid, selanjutnya Sahabat dapat mencoba meraih keutamaan lainnya dengan menghafal Al-Qur'an. 

Namun sebelum itu, pahami terlebih dahulu tentang makna membaca Al-qur'an dengan tajwid, yakni 
  1. Membaca dengan mengeluarkan huruf dari makhroj (tempat keluarnya huruf) dengan benar. 
  2. Membaca dengan memenuhi sifat-sifat huruf
  3. Membaca dengan hukum bacaan yang benar. 
Dengan telah memenuhi tiga hal di atas maka saat ada kesalahan bacaan, Sahabat dapat segera membetulkan sehingga tidak menimbulkan kesalahan makna. 

Menghafal Al-Qur'an

Menghafal adalah aktivitas mengecamkan dengan sengaja dan dikehendaki secara sadar dan sungguh-sungguh. Menghafal Al-Qur'an pada hakikatnya adalah suatu upaya untuk menambah kedekatan dengan Al-Qur'an, karena antara tilawah dan menghafal merupakan dua hal yang berbeda. Dengan menghafal jiwa dan otak kita akan dapat terus menyerap lantunan ayat-ayat Al-Qur'an yang terus diulang dengan rutin oleh lidah kita.

Seorang ahli psikolog yakni Atkinson, membuat perbedaan dasar mengenai ingatan menjadi, yaitu Encoding (memasukkan infromasi ke dalam ingatan), Storage (penyimpanan), Retrieval (Pengungkapan kembali). Selain itu ingatan juga terbagi menjadi dua jenis,yaitu Short Term Memory dan Long Term Memory. 

Membaca secara rutin dan berulang-ulang dapat memindahkan materi yang dibaca tadi dari otak kiri kr otak kanan. Salah satu karakteristik otak kiri adalah menghafal dengan cepat tetapi cepat pula kecenderungan untuk hilang atau lupanya. 

Sedangkan karakteristik otak kanan adalah daya ingat yang membutuhkan jangka waktu yang panjang untuk memasukkan ingatan ke dalamnya. Namun, otak kanan mampu menjaga ingatan yang telah dihalaf dalam jangka waktu yang cukup lama pula. 

Salah satu cara penting dan baik untuk memasukkan ingatan atau memory ke dalam otak kanan adalah dengan sering mengulang-ulangnya. Karena itu dengan memperbanyak proses membaca akan memberikan efek yang efektif untuk mematangkan dan menguatkan hafalan.


8 Hal untuk Mempermudah Menghafal Al-Qur'an

Setiap pribadi yang hendak dan memilih untuk menjalani proses menghafal tentu harus mempersiapkannya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa syarat atau persiapan untuk mendukung aktivitas tersebut.

1. Niat yang Ikhlas

Hal yang harus dilakukan pertama kali oleh calon penghafal adalah melandasi keingannya tersebut dengan niat yang ikhlas hanya untuk mencari ridho Allah. 


2. Meminta Izin kepada Orang tua atau Suami

Meminta ridho orang tua atau suami dapat menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi  keberhasilannya dalam menghafal. Serta  menjadikan penghafal lebih leluasa dalam menghafal dan mendapatkan motivasi ketika menemui hambabatan ketika menjalani proses menghafal. 


3. Tekad yang besar dan kuat

Tekad yang besar dan kuat artinya selalu berantusias dan terpacu untuk merealisasikan apa saja yang telah menjadi niatnya, kemudian melaksanakannya dengan segera tanpa ditunda-tunda. 


4. Istiqomah

Amalan yang dicintai oleh Allah ialah amalan yang terus berlanjut meskipun hanya sedikit. Selain dicintai Allah, amalanyang berkelanjutandapat mencegah masuknya virus futur (jenuh beraml). Ketika seseorang beramal banyak namun hanya sesekali dapat menimbulkan rasa jenuh dan malas, sebaliknya jika beramal sedikit namun berkelanjutan maka akan terjaga dari kemalasan.


5. Akhlak Terpuji

Menghafal tidak hanya dilihat dari bagus bacaan dan hafalannya saja, melainkan juga dari sifat dan perilakunya, yang mencerminkan segala sesuatu yang dipelajarinya. 


6. Berguru kepada yang Ahli

Seseorang yang berniat menghafal hendaklah berguru pada yang telah ahli dan paham, karena saat menemukan kesulitan (dalam bacaan maupun pengertian yang sulit) tidak menyebabkan kebingungan karena ada guru yang paham dan ahli sebagai tempat bertanya. 


7. Memaksimalkan usia

Tidak ada batasan usia bagi orang yang hendak menghafal, karena pada zaman Rosulullah SAW, para sahabat yang menghafal Al-Quran juga memulainya ketika umur sudah tak lagi muda. Namun dengan semakin menyegerakan menghafal di kala usia masih muda merupakan pilihan yang baik. Seperti kisah dari Al-Ahnaf bin Qais saat  beliau mendengar seseorang berkata:
"Belajar di waktu kecil seperti  melukis di atas batu, sedangkan belajar di waktu dewasa bagaikan melukis di atas air


8. Dianjurkan Menggunakan Satu jenis Mushaf

Ini merupakan hal teknis yang perlu diperhatikan saat Sahabat hendak menghafal Al-Quran, yakni menggunakan satu jenis mushaf yang dipergunakan untuk menghafal. Karena membantu proses menghafal dan mengurangi keraguan ketika mengingat ayat yang akan dihafal. Dengan berusaha menggunakan satu jenis mushaf untuk menghafal sampai selesai, maka mata pun akan turut pula menghafal pada sesuatu yang dilihatnya. 


Setelah melakukan semuanya, yang harus dilakukan setelah Sahabat berhasil menghafal ayat Al-Qur'an adalah bersyukur, karena semua adalah karena izin dan mengharap ridho dari-Nya. Selanjutnya adalah selalu melakukan murojaah atau mengulang ayat-ayat yang telah berhasil dihafalkan, bisa juga diterapkan atau dibaca saat Sahabat sedang melaksanakan ibadah sholat. Hal ini tentu untuk menjaga hafalan yang telah masuk di ingatan, juga menambahkan kekhusyukan dalam mendirikan sholat baik lima waktu maupun sunnah. 


Demikian 8 hal yang berhasil dirangkum untuk memudahkan dalam proses menghafal Al-Qur'an. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan untuk mempelajari serta menghafalkan Al-Qur'an. 

Aamiin. 


Semoga bermanfaat. 
Salam hangat 
ARL

You May Also Like

44 comments

  1. maaasyaAllah mbaa, emang harus sabar dan nikmatin mengulang-ulang terus ya mba biar nempel di otak kanan.. aku kadang suka bosen ngulang terus, padahal kan makin banyak slot waktu keisi buat interaksi sama quran makin banyak dapet aset syafaat dan kebaikan duniaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaa Allah
      Semoga kita selalu dimudahkan ya, Mbak

      Delete
  2. Terima kasih mba infonya. Memang betul semakin tua menghafal alquran malah semakin lambat dan mudah lupa. Beda banget waktu keil, aku pernah belajar tentang isi Al-Qurannya sama guru ngaji, lama-lama hafal juga ayatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ya, Mbak.
      Sebenarnya meski telah berumur kita tetap bisa melakukan hafalan, tetapi memang usaha yang dikeluarkan harus lebih ekstra dibandingkan saat menghafal di usia yang masih belia.

      Delete
  3. MasyaAllah, terima kasih tipsnya ya Mbak.
    pengen banget bisa menghafal Al Quran juga mumpung masih diberi umur ini, mana tahu kan ya umur kita sampai kapan, biar ada bekal jugalah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami sami, Mbak.

      Bisa dimulai dari yang paling kita suka dan kita anggap mudah dulu, Mbak. Mari kita saling menyemangati satu sama lain.

      Delete
  4. Subhanallah para penghafal Al-Quran. Aku belum nemu ahlinya yg bisa dijadikan guru untuk belajar. Tapi aku lebh pengen belajar makanya sih mbak... kalao hapalan kayaknya udah gag sanggup... setiap manusia diberi tugasnya sendiri-sendiri oleh Allah.... akunya pengen bagt belajar sejarah islam sama makna-makna yg terkadnung dalam Al Quran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaa Allah semoga dimudahkan usahanya ya, Mbak.
      Karena barang siapa yang mempelajari Al-Quran dan juga mengajarkannya akan termasuk ke dalam golongan ummat terbaik. HR. Bukhari

      Delete
  5. MasyaAllah mba, aku selalu kagum dengan orang orang yang mampu menghafal Al Quran tapi aku sendirinya jarang baca Al Quran. Ya Allah, jadi tersentil akunya. Mulai besok aku harus tiap hari baca Al Quran ya. Bismillah doakan ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaa Allah dimudahkan ya, Mbak.
      Setiap huruf yang kita baca, akan memberikan satu kebaikan kepada kita mbak. Insyaa Allah

      Delete
  6. Terimakasih Mbak informasinya, Menghafal Al Qur'an memang butuh tekat yang kuat agar bisa istikomah, karena biasanya menghafal semangat pertama-pertama aja selanjutnya nggak istikomah jadi kurang maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak.
      Amalan yang sedikit namun berkelanjutan memang memiliki tantangan tersendiri ya..
      Semoga kita dimudahkan Allah untuk selalu dekat dengan Al-Quran.. Aamiin

      Delete
  7. terima kasih mba untuk sharingnya, sangat bermanfaat sekali, jadi ingat saya waktu kecil sering mengaji, di tempat kami anak-anak usia 5 tahun sudah dibawa ke masjid bahkan usia sudah berjalan, kami terbiasa mendengarkan ayat suci quran dan itu sangat membantu kami dalam belajar dan menghafal alquran, alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami, Mbak.

      Ini juga sebagai pengingat bagi diri saya sendiri, Mbak.
      Insyaa Allah

      Delete
  8. Poin usia. Aku kadang gedeg sama orang yang mengkambinghitamkan usia. Padahal sebenarnya masih bisaaa. Tapi kalau belajar dari kecil memang lebih oke sih, bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan waktu. Terus nanti tinggal murajaah aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak.

      Di usia yang tidak lagi belia, menghafal juga tetap bisa dilakukan. Hanya memang tantangan tentu lebih besar, sehingga usaha yang dikeluarkan juga lebih ektra. Namun dengan tekad yang besar, InsyaaAllah akan diberikan kemudahan.

      Delete
  9. Duh sudah memaksimalkan usia belum ya. Jadi berasa diingatkan. Menjadi penghapal quran memang banyak manfaatnya. Salah satunya jadi makin berasa dekat dengan Sang Khalik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun ini sebagai pengingat diri, Mbak.

      Semoga kita diberikan kemudahan dalam mempelajari dan menghafalkan Al-Quran

      Delete
  10. Hal-halnya sederhana tapi ternyata membantu ya buat menghafal Al Qur'an. Saya sendiri masih merutinkan baca dulu, insya Allah bisa hafal

    ReplyDelete
  11. Kadang saya masih pengin dan mencoba menghapal kembali bersama anak-anak. Tapi ternyata gak mudah saat sudah banyak pikiran dan urusan seperti sekarang. Atau bisa juga karena niat saya kurang tulus dan ikhlas. MUngkin harus muhasabah diri dahulu. Thanks buat tips-tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami mbak.
      Saya pribadi pun, agar bisa mendengar murojaah anak, menjadikannya sebagai salah satu penyemangat dalam menghafal

      Delete
  12. Masya Allah Mbak. Semoga bisa istiqomah menghafal Al-Qur'an saya ini.

    ReplyDelete
  13. Makasih mbak, ini bermanfaat banget buat aku yang punya cita2 hafal quran juga. Semoga dimudahkan ya mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  14. Wajah.. terimakasih tipsnya mba, selama ini menghafal jadi bagian paling susah menurutku. Semoga dengan tips ini dimudahkan ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami mbak.
      Semoga kita senantiasa dimudahkan ya, Mbak.

      Aamiin

      Delete
  15. Wah harusnya satu mushaf saja yang dipergunakan, biar lebih mudah menghafal. Daku malah pernah coba dengan beberapa mushaf memang kurang oke jadinya. TFS kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak. Hal ini saya coba terapkan.
      Dengan menggunakan satu mushaf, maka saat kita murojaah dan ada bagian yang terlupa,kita ingat dimana letak ayat itu, di barisan yang mana, tulisannya di tengah/kanan/kiri.
      Hal ini kadang membantu memunculkan pecahan ayat yang sempat terlupa.

      Delete
  16. Masya Allah, noted mba. Semoga, saya dan kita semua termasuk orang-orang yang Allah mudahkan untuk menghafal alquran ya mba. Sekaligus, memahami dan mengamalkan isinya. Aamiin

    ReplyDelete
  17. MasyaAllah begitu banyak tips mudah menghafal Al Quran. Tapi tanpa pertolongan Allah, semua tidak akan benar-benar mudah :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.
      Memaksimalkan ikhtiar dan memanjatkan doa, Insyaa-Allah diberikan kemudahan

      آمين يارب العالمين

      Delete
  18. Pas jaman di pesantren Ada kelas menghafal. . . Emang bagi mereka yang punya niatan ikhlas Dan istiqomah hafalannya jadi mudah . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.
      Niatkan dengan sungguh-sungguh. Maksimalkan ikhtiar dan berdoa.

      Inshaa-Allah diberikan kemudahan

      Delete
  19. Masya Allag Tabarakallah. Ini jadi pengingat hati.Gak ada kata terlambat untuk mulai menghafal. Semoga kita semua diberi kemudahan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak.
      Mencari mana yang paling mudah dan kita sukai, kemudian berniat dan maksimalkan ikhtiar serta doa. Insyaa-Allah

      Delete
  20. masyaaAllah tabarakallahu mbak Arsita sdh mengingatkan. Mulaindr usia brp pun ga ada kata terlambat ya, minim juz Amma dulu deh ya mbak, supaya bisa jd teladan buat anak2 juga. Aamiin, semoga Allah mampukan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.
      Dimulai dari yang kita suka dan mudah, Mbak.
      آمين يارب العالمين

      Delete
  21. wah pake 1 mushaf termasuk cara yang membantu menghafal yaa.. kalo di rumah mushaf yang mana yang paling dekat ambil dah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Dengan menggunakan 1 mushaf yang sama, kita menjadi lebih mudah menghafal posisi ayatnya (kanan, kiri, atas, bawah) terbayang tulisannya.

      Delete
  22. Masya Allah
    Jadi instropeksi diri. Mengajinya aja saya belum lancar huhu
    Semoga bisa segera menghapal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaa-Allah, Mbak.

      Mari terus bersemangat mempelajari bacaan Al-Quran kita.

      Dalam hadits riwayat Bukhari disebutkan, Sebaik-baik kita adalah yang mempelajari Al-Quran dan yang mengajarkannya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝