UA-169280022-1 Bertemu Teman Baru untuk Berbagi Ilmu - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Bertemu Teman Baru untuk Berbagi Ilmu

by - March 01, 2021

 


Proses belajar bisa melalui banyak cara. Setelah mendapatkan ilmu serta wawasan buku, jurnal, hasil seminar, kajian, kini saatnya memperoleh ilmu dengan cara saling berbagi dan berdiskusi. Jurnal Bunda Cekatan, Tahapan Ulat, Pekan Ketiga. Bertemu Untuk Saling Berbagi Ilmu.

Jurnal Bunda Cekatan. Bertemu Teman Baru untuk Berbagi Ilmu

Pekan terakhir bulan Februari 2021 menjadi pekan ketiga tahapan ulat-ulat dalam Kelas Belajar Bunda Cekatan Batch 2. 


Menapaki Peta Hutan Kupu-Kupu Cekatan, Setelah mulai berpetualang di Hutan Belantara Ilmu Pengetahun yang rimbun, masuk ke dalam gua yang lembab dan gelap, kini para Penjelajah Hutan Bunda Cekatan sampai di Kebun Apel. 


Jika di hutan belantara ilmu, harus fokus mendekati ilmu yang telah dipilih. selanjutnya saat berada di gua katena kondisi yang gelap, penjelajah diminta membagikan ilmu melalui audio, tidak biasa, sebelumnya hanyalah melalui media tulisan atau gambar. Setelah berhasil menyusuri lembab dan gelapnya gua, akhirnya tiba di kebun apel. 


Di kebun apel, waktunya para penjelajahberbagi dan menikmati santapan ilmu dari teman baru. Teman-teman yang berasal dari topik ilmu yang telah dipilih oleh masing-masing. 


Dalam topik belajarku, Self-management, setelah masalah tentang Management Waktu mulai terurai, kini aku ingin belajar tentang Manajemen Emosi. Sehingga teman baruku berasal dari kelompok yang memilih tema tersebut untuk dipelajari lebih mendalam. 


Di Hutan Kupu-Kupu Cekatan, kelompok berdasarkan tema ilmu yang dipilih ini, disebut dengan keluarga. Keluarga Manajemen Emosi merupakan wadah baruku untuk belajar bersama. Bukan berarti group Sekar jadi bubar ya. Sekar tetap menjadi rumah utama, tetapi sementara ini masing masing ulat harus berani berjalan, berkreasi di rumah baru sementaranya. 


Keluarga Manajemen Emosi berisi 39 orang pembelajar yang berasal dari banyak regional seperti Aceh, Bali, Bandung, Banten, Banyumas Raya, Batam, Bekasi, Depok, Gresik, Padang, Pekanbaru, Semarang, Sidoarjo Mojokerto, Sulawesi Utara, Surabaya Madura, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Tasikmalaya dan dan Yogyakarta. 

Sangat beragam sekali, setelah sebelumnya di dalam grup Sekar bertemu dengan teman-teman dari 7 regional saja, yakni Asia, Balikpapan Raya, Bontara, Efrimenia, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Samkabar. 


Di keluarga baru ini, teman-teman sangat bersemangat sekali berbagi ilmu. Di hari pertama WAG terbentuk, yang sejatinya adalah jadwal perkenalan, namun sudah mulai membahas aneka bahan belajar tentang Manajemen Emosi. Aku yang baru bergabung di petang hari waktu setempat karena hari itu bertepatan dengan hari libur di Jepang, sempat tertinggal dengan jalannya diskusi. 


Alhamdulillah, kepala keluarga kami, yang juga berasal dari grup Sekar, memberikan kesimpulan di awal hari berikutnya, sehingga saat membantu beberapa anggota yang tertinggal saat diskusi berjalan. Pada hari kedua WAG terbentuk, topik utama yang hendak dibahas dan dikupas lebih dalam untuk disajikan dalam acara live sharing yang menjadi tantangan bagi seluruh kelompok keluarga di pekan ketiga Tahapan Ulat, Bunda Cekatan ini. Bahkan sebelum pekan berganti, bersama-sama kami sudah mulai mempersiapkan hal-hal untuk live sharing. Benar-benar tim yang sangat yang bersemangat untuk berbagi. 


Di artikel berikutnya akan berisi tentang jadwal serta bagaimana keseruan dari live sharing keluarga Manajemen Emosi. 

Salam 

ARL

You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝