UA-169280022-1 Mengenal Aksara Jepang - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Mengenal Aksara Jepang

by - May 09, 2020

Kehidupan di Jepang, Belajar Bahasa Jepang
Mengenal Aksara Jepang


Siapa yang tidak kenal dengan  Negara Sakura, yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Asia. Bagi teman-teman yang sudah pernah mengunjungi negara Matahari Terbit, tentu paham bahwa aneka tulisan banyak disajikan dengan selain aksara Romaji / Alfabet.  Tentu buat kita yang belum pernah mengenal aksara-aksara itu dalam hati pasti bergumam, “Kalau begini, untuk membaca saja aku sulit.” seraya mengernyitkan dahi dan menggelengkan kepala. Iya ga? hehehe.
Nah, buat yang ingin pergi ke Jepang ataupun yang ingin mempelajari bahasa Jepang bisa memulai dengan mengenal aksara dalam bahasa Jepang.

Mengenal Aksara dalam Bahasa Jepang

Dalam bahasa Jepang terdapat empat jenis aksara, yakni Hiragana, Katakana, Kanji dan Romaji.

Mengenal Aksara Jepang: Hiragana

Aksara Hiragana dipergunakan untuk menuliskan kata asli bahasa Jepang dan cukup sering digunakan. Aksara Hiragana menunjukkan bunyi aslinya, artinya pelafalannya tidak sama seperti alfabet yang umumnya kita pergunakan di Indonesia, dan umumnya satu kana akan mewakili sebuah mora (satuan bunyi bahasa Jepang).
Merunut pada sejarahnya, Hiragana merupakan sebuah bentuk penyederhanaan dari aksara kanji yang telah dipergunakan China pada abad ke-5. Jadi, di awal perkembangannya aksara Hiragana ini tidak langsung diterima oleh Jepang karena kaum elit Jepang pada masa itu menolak menggunakannya dan hanya ingin menggunakan aksara Kanji saja. Tetapi karena pada masa itu kaum perempuan di Jepang tidak diperkenankan untuk mempelajari aksara Kanji, maka mereka beralih mempelajari aksara Hiragana. Hal inilah yang membuat aksara Hiragana menjadi popular dan dikenal sebagai Onnade (女手), yang berarti aksara wanita dan akhirnya mulai dikenal luas di abad ke-10 Masehi.

Mengenal Aksara Jepang: Katakana


Lain halnya dengan Hiragana, untuk nama dan kata-kata asing yang dulunya tidak ada dalam bahasa Jepang (kata serapan) serta onomatope (kata-kata asli bahasa Jepang yang hanya bisa digunakan untuk menegaskan sesuatu) akan ditulis menggunakan aksara Katakana. Aksara ini ditandai dengan bentuknya yang ringkas, bersudut dan paling sederhana di antara aksara Jepang yang ada.

Nah selanjutnya adalah aksara Kanji, yang mana kita sebagai orang awam sudah sangat familiar saat mendengarnya, tapi tidak sanggup membacanya. Hehehe.

Kehidupan di Jepang, Mengenal Aksara Jepang

Mengenal Aksara Jepang: Kanji

Menurut Wikipedia Kanji secara harfiah berarti “aksara dari Han”, yakni aksara China yang digunakan dalam bahasa Jepang. Kanji adalah salah satu dari empat set aksara yang digunakan dalam tulisan modern Jepang selain kana (Hiragana, Katakana) dan Romaji. Aksara Kanji dipakai untuk melambangkan konsep atau ide (kata bend, akar kata kerja, akar kata sifat, dan kata keterangan). Dari sejarahnya, aksara Kanji masuk ke Jepang sekitar abad ke-5 melalui barang-barang yang diimpor dari China, yang kemudian dikembangan menjadi Hiragana dan Katakana.
Jadi jelas ya, Kanji merupakan elemen utama huruf-huruf abjad bahasa Jepang, karena semua abjadnya berasal dari sini.

Mengenal Aksara Jepang: Romanji

Aksara yang umum digunakan di Jepang yang terakhir adalah Romaji. Wikipedia menyebutkan, Romaji memiliki arti cara menulis (alihaksara) bahasa Jepang dengan menggunakan abjad latin. Ada beberapa macam sistem alihaksara Jepang, namun yang paling banyak digunakan adalah alihaksara Hepburn, Nihon-Shiki Romaji, dan Kunrei-Shiki Romaji.
Nah, itulah sedikit penjabaran mengenai beberapa aksara yang umum dipergunakan di Jepang. Semoga bisa menambah rasa ingin tahu kita untuk lebih mempelajari Bahasa Jepang.

Semoga bermanfaat
Salam 
ARL




Sumber Bacaan

  • PT. Pustaka Lintas Budaya. 2000. Minna no Nihongo I Terjemahan dan Keterangan Tata Bahasa. Tokyo: 3A Corporation
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kanji


You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝