UA-169280022-1 Kehidupan di Jepang. 5 Hal Unik saat Akhir Tahun. Salah satunya Makan Mie Soba - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Kehidupan di Jepang. 5 Hal Unik saat Akhir Tahun. Salah satunya Makan Mie Soba

by - January 07, 2021

Kehidupan di Jepang.  5 Hal Unik saat Akhir Tahun. Salah satunya Makan Mie Soba.


Alhamdulillah kita sudah memasuki pekan pembuka di tahun Masehi yang baru, tahun 2021. Tidak terasa ternyata tahun sudah berganti, jangan lupa untuk selalu mensyukuri setiap tarikan nafas anugerah Ilahi. Setiap negara memiliki budayanya sendiri dalam merayakan tahun baru. Meski sudah berlalu, mengulik kebiasaan penduduk di suatu wilayah jelang tahun baru menjadi sesuatu yang menarik untuk diceritakan. Salah satunya di Jepang. Apa saja sih yang biasa dilakukan oleh penduduk negara di Asia Timur ini saat menyambut pergantian tahun Masehi. Kali ini aku merangkum 5 Kebiasaan Unik Jelang Tahun Baru di Jepang berdasarkan hasil pengamatan selama berinteraksi dengan warga dan budaya Negeri Sakura. Yuk, simak sampai tuntas. 


Kehidupan di Jepang. 5 Hal Unik saat Akhir Tahun, Salah satunya Makan Mie Soba.  


Sebagai warga asing di suatu kawasan atau negara tertentu, bisa mempelajari suatu kebiasaan atau budaya di wilayah tempatnya tinggal menjadi satu pengalaman yang mengesankan. Begitu juga buatku. Sebagai warga pendatang dari negara khatulistiwa, keanekaragaman budaya serta tradisi di Jepang menjadi menarik untuk dicari tahu lebih dalam. Meskipun baru berbekal pemahaman bahasa lokal yang masih dibilang pemula, bisa memahami penjelasan sensei -sebutan untuk guru dalam bahasa Jepang- tentang 年末年始, baca: nen matsu nen shi, membawa keseruan tersendiri. Serasa bisa menyatukan kepingan puzzle yang berserakan menjadi bentuk yang utuh sehingga bisa dilihat keindahannya. 


Sebelum membahas tentang bagaimana biasanya orang Jepang saling bersapa di saat tahun baru, ada baiknya Sahabat tahu terlebih dulu tentang apa itu 年末年始 atau dibaca Neng matsu neng shi serta apa saja hal-hal menarik berkaitannya. 年末年始 adalah ungkapan untuk menyebut periode jelang akhir dan awal tahun di Jepang. Kanji 末 (secara Onyomi dibaca: matsu) berarti akhir, dan kanji 始 (secara Onyomi dibaca: shi), sedangkan kanji 年 dengan cara baca Onyomi dibaca neng memiliki arti tahun.  Masa 年末年始 mulai semenjak sekitar tujuh hari sebelum dan sesudah tanggal 1 Januari di tahun baru.  


5 Hal Unik saat Akhir Tahun di Jepang, Salah satunya Makan Mie Soba.  

Hal-hal menarik yang aku peroleh selama tinggal di Tsukuba, salah satu pusat pengembangan ilmu dan teknologi terbesar di Jepang saat akhir tahun aku rangkum dalam tulisan berikut ini. 


 1. 年賀状、Kartu Ucapan Tahun Baru 

Kartu Ucapan Tahun Baru atau dalam bahasa Jepang disebut dengan 年賀状、ねんがじょう. Mungkin hal ini sudah tidak lumrah ditemui di tanah air karena sudah berubah menjadi ucapan melalui media sosial maupun pesan singkat di telepon pintar, namun nyatanya masih familiar di negara empat musim Jepang. 

Sekitar sepekan jelang tahun baru warga menulis kartu ucapan tahun baru dengan desain yang lucu dan menarik menyesuaikan dengan sebutan tahun baru, misalnya di tahun 2021 merupakan tahun sapi. Hampir seluruh toko buku maupun toko swalayan dan minimarket memajang benda ini di dekat area kasir, sehingga setiap pelanggan bisa melihatnya dengan mudah. 

Bahkan ada juga warga yang cukup membeli kartu pos kosongan alias tanpa gambar apapun, dan mereka menggambar atau mendesain sendiri sesuai kehendak hatinya. 

Kehidupan di Jepang.  5 Hal Unik saat Akhir Tahun. Salah satunya Makan Mie Soba.
Pengalaman pertama membuat 年賀状, Kartu Ucapan Tahun Baru. Sumber : dokumen pribadi 

Saat sebelum pandemi Covid-19, aku pun sempat beberapa kali mengikuti event membuat Kartu Ucapan Tahun Baru yang digelar oleh sukarelawan pengajar bahasa Jepang. Seru, meskipun sadar akan kemampuan melukisku yang pas-pasan, tapi dengan ada Sensei yang mengajarkan cara melukis 年賀状, kepercayaan diriku pun timbul. 

   2. 仕事納め、Hari Terakhir Bekerja 

Setiap orang tentu ingin menikmati waktu pergantian tahun bersama keluarga ataupun teman terdekat, begitu pula dengan warga yang berstatus sebagai pegawai kantor seperti orang yang bekerja di rumah sakit, klinik, bank, maupun pelayanan lainnya. Sehingga ada yang namanya 仕事納め、しごとおさめ (baca: shigoto osame) atau hari terakhir bekerja sebelum libur akhir tahun. Arti sebenarnya adalah hari terakhir bekerja untuk nantinya dihitung guna mendapatkan pembayaran. 

Umumnya di kantor-kantor serta tempat pelayanan umum telah menetapkan kapan hari pelayan terhadap pelanggan. Mereka menempelkan kertas pengumuman perihal ini dengan ukuran yang cukup besar dan diletakkan di tempat strategis sehingga pelanggan yang datang mudah untuk membacanya.Hal ini diharapkan agar para pelanggan bisa merencanakan jadwal kedatangan mereka untuk mendapatkan layanan dan tidak kecele karena datang di saat kantor sudah tutup karena masuk masa libur. 

Kehidupan di Jepang.  5 Hal Unik saat Akhir Tahun. Salah satunya Makan Mie Soba.
Jadwal Pelayanan salah satu klinik di Tsukuba. Sumber: dokumen pribadi 

Ini adalah contoh pengumuman di salah satu klinik di dekat Stasiun Tsukuba.. Kanji 休 yang dibaca yasumi, berarti tidak melayani pelayanan bagi pelanggan alias libur.Tampak jelas tertulis, meski dalam bahasa lokal alias kanji, hari mana saja mereka masih menerima pasien yang datang untuk berobat. Sebagai pasien akan sangat terbantu dengan informasi seperti ini, mereka dapat merencanakan jadwal kedatangan sesuai waktu pelayanan klinik. 


3. 大掃除 Pembersihan Umum

Kebiasan warga Jepang saat tahun baru selanjutnya adalah melakukan 大掃除、おそうじ baca: oosouji. Kanji 掃除 yang dibaca souji, ini bermakna kegiatan bersih-bersih, diberi awalan kanji 大 (baca: oo) yang artinya besar. Sehingga makna dari kata ini adalah bersih-bersih besar atau General Cleaning, Pembersihan Umum. 

Akhir tahun artinya waktunya membersihkan semua sudut rumah, toko, sekolah, kantor serta fasilitas umum lainnya. Semua pihak bersama-sama melakukan kegiatan 大掃除 ini. 

Kehidupan di Jepang.  5 Hal Unik saat Akhir Tahun. Salah satunya Makan Mie Soba.
Seluruh keluarga melakukan 大掃除. Sumber : https://shinbunsozai.info/

Saat masih tercatat sebagai pegawai part time job, kegiatan bersih-bersih besar ini dilakukan oleh seluruh karyawan toko. Semua sudut toko dijangkau agar tak ada yang luput dibersihkan. Agar bisa maksimal tidak jarang kegiatan ini dilakukan sampai dua hari. Menyesuaikan dengan area serta kondisi yang akan dibersihkan. 


4. おせち料理

Untuk merayakan pergantian tahun, warga Jepang menyiapkan menu makanan istimewa yang dikenal dengan おせち料理、おせちりょうり、osechi ryouri. Makanan tahun baru yang berupa lauk ini ditata rapi di dalam kotak kayu bersusun yang disebut jubako (重箱). Kotak kayu bersusun untuk masakan osechi dipercaya oleh orang Jepang sebagai perlambang keberuntungan yang berlipat-lipat.

Sebagian besar makanan osechi selain dimasak sangat manis, asin, atau diolah dengan cuka sehingga menjadi semacam acar, harus juga dimasak hingga betul-betul kering supaya tahan lama. 

おせち料理 biasa terdiri dari menu utama, menu pelengkap, acar, dan menu panggang. Makanan osechi yang dulunya merupakan masakan rumah, saat ini sudah bisa dipesan di toko swalayan atau rumah makan. Sungguh memudahkan sekali bagi warga yang ingin menikmati makanan mewah sambil merayakan tahun baru di Jepang. 


5. 年越しそば

Kebiasaan unik terakhir yang berhasil aku rangkum adalah menikmati mie soba toshi kosi atau dalam di negara yang terkenal dengan pakaian tradisional Kimono ini dengan sebutan 年越しそば、としこしそば、toshi koshi soba. 

Awalnya aku pikir ini adalah jenis soba yang berbeda dari jenis soba kebanyakan, ternyata dugaanku meleset. Mie soba yang dipakai sama jenisnya dengan soba pada umumnya, perbedaannya hanya terletak pada waktu saat memakan atau menikmatinya. 年越しそば adalah tradisi makan mie soba di saat 大晦日、おおみそか, Oomisoka, malam terakhir sebelum pergantian tahun.

Kehidupan di Jepang.  5 Hal Unik saat Akhir Tahun. Salah satunya Makan Mie Soba.
Menikmati 年越しそば saat 大晦日. Sumber: https://www.sozai-library.com/

Soba atau dalam bahasa Inggris disebut dengan buckwheat, yang tergolong sebagai tanaman yang tangguh alias dapat bertahan dalam segala jenis cuaca, sehingga dianggap sebagai simbol ketahanan serta ketangguhan. Selain itu, tekstur soba yang mudah dipotong dipercaya oleh warga Jepang dapat memudahkan untuk lepas dari dari segala bentuk kesulitan. 


Itu adalah 5 Kebiasaan Unik Jelang Tahun Baru di Jepang. Dari kesemuanya itu, hanya おせち料理 yang belum pernah dinikmati seluruhnya. Untuk sebagian isi di dalamnya seperti kacang kedelai serta kamaboko yang mudah dijumpai di pasar swalayan.  Selain karena belum punya bayangan tentang cara pengolahannya, bila sudah dalam bentuk set yang dimasukkan ke dalam kotak bersusun maka harganya cukup menguras isi dompet.  

Bila diperhatikan, warga negara yang terletak di AsiaTimur ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang dturunkan oleh nenenk moyang. Sebagai warga pendatang aktivitas yang berhubungan dengan seperti ini sangat menarik serta tidak ketinggalan untuk dicatat. Dari budaya kita banyak belajar, berinteraksi dan menghargai. 

Sahabat masih punya hal unik lain yang berkaitan dengan saat akhir tahun di Jepang? Atau kebiasaan menarik di suatu wilayah tertentu? Yuk, saling berbagi bersama. 


Salam hangat

ARL 


You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝