UA-169280022-1 Kehidupan di Jepang. Begini Mengucapkan Selamat Tahun Baru - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Kehidupan di Jepang. Begini Mengucapkan Selamat Tahun Baru

by - January 08, 2021

Kehidupan di Jepang. Begini Mengucapkan Selamat Tahun Baru

Setiap negara memiliki budaya dan tradisinya sendiri dalam merayakan tahun baru. Saat menyongsong malam pergantian tahun, biasanya dimeriahkan dengan saling mengucapkan selamat tahun baru. Bagaimana dengan di Jepang? Bagaimana ungkapan yang biasanya diucapkan oleh warga Jepang saat tahun baru. Begini Mengucapkan Selamat Tahun Baru di Jepang. 


Kehidupan di Jepang. Begini Mengucapkan Selamat Tahun Baru


Sebagai warga pendatang baik di suatu wilayah atau negara tertentu, mencoba untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi. Bahkan mencari tahu tentang budaya atau tradisi suatu negara maupun wilayah tertentu menjadi suatu sesi aktivitas tersendiri. Karena kesempatan untuk berkunjung ke suatu wilayah tertentu umumnya tidak dapat dilakukan beberapa kali untuk sebagian orang, maka mengamati dan mencari tahu fenomena di mana kita berada adalah satu bentuk upaya mendapatkan manfaat bagi diri. 


Yang ingin aku bagikan kali ini adalah sekelumit pengalaman saat mendapatkan kesempatan mengikuti kelas bahasa Jepang selama tinggal di Tsukuba. Selain aktivitas utama adalah mempelajari bahasa negeri samurai yang diberikan oleh para sensei yang   umumnya adalah para sukarelawan, ada banyak keseruan dan pengalaman berharga yang juga aku peroleh. Bisa melakukan diskusi dan berbincang-bincang langsung dengan 日本人, nihonjin , sebutan untuk warga asli Jepang, serta mendapatkan banyak informasi tentang budaya dan kebiasaan yang dilakukan oleh mereka. 


Salah satu kebiasaan warga disini yang aku peroleh dari guru di kursus bahasa Jepang yang kebanyakan berusia paruh baya adalah saat menyambut pergantian tahun. Perawakan para guru yang rata-rata seumuran dengan ibuku, membuat suasana saat berdialog bersama mereka terasa seperti sedang berbicara dengan sosok ibu yang berada di tanah air. Jadi rindu akan hangatnya pelukan ibu.  


Jika di sebagian negara ucapan selamat tahun baru hanya ada satu macam saja seperti Happy New Year atau Glückliches neues Jahr (bahasa Jerman) dan Bonne année! (bahasa Italia), tidak dengan Jepang. Di negara yang terkenal dengan makanan olahan laut, sushi, saat tahun baru ada dua jenis ekspresi atau ungkapan yang dipergunakan.


Begini Mengucapkan Selamat Tahun Baru di Jepang. 

Yang pertama adalah saat sebelum tahun baru atau dengan kata lain masih di bulan Desember. Saat hari terakhir aktivitas warga Jepang di bulan penutup tahun sebelum libur yang disebut dengan 仕事納め、shigoto osame, mereka akan mengucapkan 

よいお年を

Atau versi lengkapnya adalah 

よいお年をお迎えください


Baca Juga: 仕事納め、しごとおさめ、shigoto osame. Apa itu?


Makna dari kalimat よいお年を (baca: Yoi otoshi wo) adalah Have a good year

Sedangkan untuk ungkapan yang lebih lengkap よいお年をお迎えください (baca: Yoi otoshi wo omukae kudasai) memiliki arti yang lebih sopan lagi yakni Please have a good year, Semoga Tahun Anda Menyenangkan. 


Ungkapan ini diucapkan pada waktu akan berpisah atau telah selesai beraktivitas di hari terakhir kerja di bulan Desember. Jadi diibaratkan menjadi ungkapan penutup setelah beraktivitas dan bekerja sama selama setahun. 


Ungkapan yang kedua yang diucapkan oleh penduduk Jepang saat hari pertama tahun baru adalah

明けましておめでとうございます 
今年もよろしくお願いします


Frasa kedua di atas, hanya diucapkan setelah tanggal 1 Januari atau di hari pertama para warga saling bertemu dan melakukan kegiatan bersama-sama. 

Kalimat 明けましておめでとうございます (baca: Akemashite omedetou gozaimasu) memiliki arti Selamat Tahun Baru. 

Sedangkan kalimat selanjutnya yang berbunyi 今年もよろしくお願いします(baca: Kotoshi mo yoroshiku onegaishimasu) memiliki makna I looking forward to working with you again this year, Saya berharap dapat bekerja sama kembali dengan Anda di tahun ini. 


Aku pribadi sangat terkesan sangat mengetahui arti ungkapan yang dipergunakan oleh warga Jepang saat menyongsong tahun baru Masehi ini. Mereka saling bertegur sapa dengan menyiratkan rasa menghargai atas upaya, usaha dan kerja keras yang telah dilakukan untuk mencapai target di tahun yang berlalu. Kemudian saat bertemu pertama kali di tahun yang baru, mereka kembali saling memberikan sapaan selamat dan menyampaikan niat untuk bisa membina hubungan kerja sama yang lebih baik lagi di hari yang akan datang. 

Berikut ini contoh Kartu Ucapan Tahun Baru yang aku kirimkan kepada beberapa kawan dan sensei melalui surat elektronik. 

Kehidupan di Jepang. Begini Mengucapkan Selamat Tahun Baru


Nah, itu tadi kebiasaan penduduk Jepang dalam menyambut Tahun Baru. Semoga jadi menambah wawasan Sahabat semua tentang budaya dan tradisi negara Jepang ya. 

Bagi yang punya teman atau relasi yang berasal dari Jepang, bisa mencoba memberikan ungkapan selamat tahun baru seperti di atas ya. Semoga bermanfaat. 

Salam hangat


ARL

You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝