UA-169280022-1 Gyoumu Supa, Tempat Belanja Murah di Jepang - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Gyoumu Supa, Tempat Belanja Murah di Jepang

by - June 04, 2020

Arsita Rahadiyani's Blog


Tempat belanja murah di Jepang


Untuk sebagian besar yang pernah tinggal di Jepang, biasanya kenal dengan Gyoumu Supa. Bagi kalangan mahasiswa dan keluarganya, ini adalah salah satu tempat belanja murah di Jepang. 
 
Buat muslimah yang numpang tinggal sementara jauh dari tanah air, bisa menemukan tempat belanja murah dan banyak menyediakan produk berlogo halal tentu merupakan hal yang menyenangkan. Jepang, negara yang terletak di Asia Timur, kini makin ramah bagi turis muslim. Salah satu indikasinya adalah makin banyak tempat belanja yang menyediakan produk halal yang juga ramah di kantong. 

Gyoumu Supa, Pilihan Tempat Belanja Murah di Jepang

業務スーパー, (baca: Gyoumu Supa), salah satu tempat belanja di Jepang yang terkenal karena banyak pilihan produk makanan, berkemasan besar serta harga yang murah. Dari aplikasi Tacoboto, aplikasi Kanji Dictionari di Android, Kanji 業務 , (baca: Gyoumu) memiliki arti business, work, operational. Sedangkan スーパー, (baca: su-pa-), ditulis dengan aksara Katakana karena merupakan kata serapan dari bahasa Jepang, memiliki arti supermarket. Jadi 業務スーパー merupakan tempat belanja yang menyediakan kebutuhan untuk bisnis, kalau aku mengartikan adalah tempat belanja bagi orang-orang yang bekerja di bidang makanan/kuliner, semacam kedai atau restaorant.  Bahasa kerennya adalah salah satu tempat kulakan untuk para pekerja atau pemilik usaha kuliner. Bisa dilihat juga di website resmi Gyomu Supa Jepang

Mereka memiliki 3 hal utama yang dikedepankan, yakni: 
  • Tempat belanja bagi semua orang
  • Harga bersaing
  • Produk berkualitas 
Untuk produk halal, mereka sebutkan secara jelas di dalam situs resminya. Mereka menyediakan aneka produk halal yang berasal lebih dari 40 negara di dunia. 

Gyoumu Supa ada di banyak kota di Jepang, seperti Tsukuba, Tsuchiura, Tochigi, dan Nagoya. Bahkan di kota besar seperti Kyoto, Osaka dan Tokyo, Gyoumu Supa berlokasi di beberapa tempat. 

Gyoumu Supa, Tsukuba


Alhamdulillah, aku bersyukur sekali setelah sekitar sebulan tiba di Tsukuba, suami mengajakku pergi ke Gyoumu Supa. Karena suami sudah setahun lebih dulu tiba, jadi beliau lebih paham dengan jalan, serta lokasi yang asyik buat dikunjungi, salah satunya tempat belanja. 😉 

Gyoumu Supa Tsukuba terletak di 1 Chome-13-14 Matsushiro, Tsukuba, Ibaraki 305-0035. Sekitar 2,5 km dari pusat kota Tsukuba. Untuk menujunya, bisa menggunakan bus nomor C15 , jurusan 松代循環 (baca: Matsushiro Jyunkan) dari platform nomor 4 di Tsukuba Centre, turun di halte 松代一丁目 (baca: Matsushiro i Choume) dengan biaya 178 yen.  Halte ini adalah halte keempat jika dihitung dari arah Tsukuba Centre. Atau bisa juga menggunakan bus NB Shuttle (南部シャトル)dari platform nomor 2, turun di halte yang sama yakni halte 松代一丁目 (baca: Matsushiro i Choume). Dari halte tersebut dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 350 m. 

Buat kami sekeluarga, di tahun pertama tinggal di Tsukuba, kami pergi dengan menggunakan sepeda. Jarak dari apato, sebutan untuk jenis rumah kontrakan yang kami tinggali, menuju lokasi Gyoumu Supa berjarak kurang lebih 5,5 km. Agak jauh memang, tapi dengan kondisi keluarga mahasiwa, pilihan ini lebih hemat. Ditambah lagi kota Tsukuba, dan juga hampir seluruh kota di Jepang, ramah dengan pesepeda. Di bagian sisi jalan disediakan jalur atau trotoar yang diperobolehkan untuk digunakan oleh orang yang menggunakan sepeda. 

Macam produk berlogo halal yang bisa dibeli di sana misalnya, daging ayam, olahan daging ayam (nugget dan karaage), daging sapi, bumbu masak, mie instant, susu kental manis, santan sampai camilan seperti keripik kentang dan biskuit. Selain itu banyak juga produk yang aman dikonsumsi oleh kaum muslim dari sisi kandungan bahan (ingredients). 

Buat kalian yang sedang tinggal atau berlibur di Tsukuba, Gyoumu Supa bisa jadi salah satu pilihan tempat belanja murah di Jepang. Karena selain menyediakan kebutuhan harian, toko ini juga menyediakan produk khas Jepang seperti teh hijau, matcha, dan ramen (berlogo halal) yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh . 

Semoga bermanfat. 
Salam hangat
ARL  



You May Also Like

6 comments

  1. waahhhhh aku bbrpa kali ke jepang ga tau ttg gyoumu supa ini mba... adekku yg waktu itu pernah stay 2 thn di osaka juga ga prnh nyebut2 tempat ini.. rencana january thn depan aku bakal balik lg ke jepang. kalo seandainya udah aman semua dari wabah, semoga bisa nyempetin belanja di Gyouma ini :). selalu sukaaaa kalo belanja di jepang. seringnya kalap malah.

    kamu tinggal di ibaraki ya mba? ini salah satu tempat yg aku masukin kalo thn depan jd balik kesana. karena di sana ada Ryujin Bungy, tempat para pecinta bungy jumping terjun :D. aku hobi banget nge bungee soalnya :D. tiap kali ke jepang sbnrnya sasaran utamanya nyobain semua wahana extreme di sana trutama rollercoaster dan bungy tentunya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat kalangan mahasiswa dan keluarga mahasiswa di Tsukuba toko Gyoumu Supa cukup terkenal Mbak. Teman di Kyoto juga kerap bertukar cerita tentang aneka produknya.
      Iya, kami tinggal di Provinsi Ibaraki. Bener banget..ada jembatan Ryujin itu..pernah kesana..tapi ga nyobain bungy.. :D

      Delete
  2. Mba, sebagai "jama'ah" costco aku jd tergugah buat rajin ke sini jg 😆🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuk mbaak..
      Kapan-kapan janjian ke sini yuuk.. :)

      Delete
    2. Mbaa
      Aku hr ni mo nyoba ke sini nih mba dewean
      Doakan g nyasar 😆🤣
      Penasaran akutuh maren ketemu teh Devi y dr sini
      Spertiny idola emak2 y

      Delete
    3. Udah ada ulasan tentang Gyoumu Supa belum mbak? Rute perjalanan aman kan?
      Beli apa aja hayooo...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝