UA-169280022-1 Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang

by - July 03, 2020

Masih beranggapan kalau mengunjungi tempat wisata sejarah itu kurang seru. Jepang mengemas tenpat wisata sejarah dengan apik, tertata dan pastinya bersih. Karena kenyamanannya ini membuat warganya gemar untuk mengajak anak-anaknya serta mengunjungi tempat-tempat wisata seperti ini. Salah satu destinasi wisata sejarah yang terkenal adalah Kastil Odawara. Wisata Sejarah di Kanagawa, Jepang. 

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang 


Saat Sahabat berkesempatan untuk melancong ke Jepang, selain mengunjungi tempat-tempat wisata pemandangan alam dan lokasi wisata belanja yang terkenal, cobalah juga untuk mencoba wisata sejarah. Misalnya mengunjungi tempat bersejarah yang dulu pernah di Masa Pemerintahan Kekaisaran Kuno di Jepang. Meskipun bangunan kuno, wisata sejarah ini banyak dilakukan oleh para orang tua Jepang kepada anak-anaknya. Saat masa liburan sekolah, destinasi wisata sejarah di jepang juga banyak dimininati oleh wisatawan lokal Jepang, khususnya orang tua yang mengajak serta anak mereka. 

Berikut ulasanku tentang salah satu destinasi sejarah di wilayah yang terletak sebelah Barat Tokyo. Tepatnya di Prefektur Kanagawa, yakni Kastil Odawara. 

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang

Kastil Odawara 


Bangunan khas kekaisan juga merupakan daya tarik yang dimiliki oleh Jepang, selain teknologi, budaya dan juga kulinernya. Meskipun tema kuliner merupakan tema yang menarik untuk selalu dibahas, apalagi kuliner negara Sakura Namun tulisan kali ini adalah tentang salah satu destinasi wisata di Jepang. 


Kastil Odawara adalah kastil bersejarah yang sangat penting di Prefektur Kanagawa. Bangunan ini dibangun pada abad ke-15, dan pernah menjadi salah satu kastil yang terbesar. Ada banyak situs bersejarah yang berada di dalam kompleks bangunan, termasuk menara kastil, yang berdiri sebagai simbol utama kastil sekarang. Karena kestabilan menara dan latar belakang sejerahnya membuat kastil ini masuk ke jajaran 100 istana Jepang yang terkenal. 

Kastil Odawara pernah menjadi tempat tinggal Keluarga Odawara Hojo yang berkuasa pada abad 15 dan menguasai daerah luas meliputi Hakone hingga ke Edo, sebutan untuk kota Tokyo pada zaman dulu. Berbeda dengan kastil lainnya di Jepang yang dibangun di dataran tinggi, kastil ini dibangun di Odawara yang merupakan bagian dari dataran rendah Hakone, tidak jauh dari ibukota negara Jepang. Hal ini membuatnya mudah diakses oleh baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kami termasuk salah satunya. 

Bagi Sahabat yang melancong ke daerah Hakone, salah satu tempat wisata salju yang terkenal, bisa singgah juga di bangunan bersejarah yang terletak di kota Odawara ini. Lokasinya yang tidak jauh dari Gunung Fuji dan juga Danau Kawaguchi-Ko, membuat kota ini selalu ramai dikunjungi oleh turis. 


Sejarah Kastil Odawara.

Meski telah dibangun sejak tahun 1495 atau pertengahan abad ke-15 oleh Hojo Soun, Kastil Odawara masih berdiri kokoh. Hal ini tak lepas dari adanya proses perawatan dan beberapa kali renovasi. Peran Hojo Soun dalam merenovasi Kastil Odawara sangatlah besar. Di masa kepemimpinannya, kastil ini menjadi kastil berukuran besar dan megah. Tak heran, jika akhirnya Kastil Odawara dikaitkan pada Keluarga Hojo. Kastil Odawara merupakan salah satu kastil yang dibangun dari zaman Edo, 江戸時代 (baca: Edo Jidai).Lalu, pada pertengahan abad ke-16, kastil jatuh ke tangan Toyotomi Hideyoshi yang menguasai Jepang. Tak bertahan lama, Kastil Odawara jatuh ke tangan penguasa lain pada abad ke-19. Kala itu, terjadi perubahan kekuasaan besar-besaran. Image kastil sebagai simbol Samurai begitu melekat, penguasa Meiji pun ingin merubahnya.Naiknya penguasa Meiji memang menjadi akhir dari kekuasaan Keshogunan atau Samurai di Jepang. Sehingga penguasa Meiji pun ingin menghapus simbol-simbol Samurai yang tersisa. 

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Peta Kastil Odawara Kuno. Sumber: www.odawaracastle.com

Lagi-lagi, Kastil Odawara direnovasi dengan tetap mempertahankan desain parit dan batu. Sementara lantai dan bangunan telah mengalami beberapa perubahan.Meski pun telah banyak mengalami renovasi, kastil ini memiliki struktur penunjang yang terdiri dari parit dan tanah sepanjang 9 km yang mengelilinginya. Di tahun 1600an, akhir periode Edo, KAstil Odawara menjadi landasan pertahanan 関東地方 (baca: kantou chihou) Wilayah Kanto. 

Ditahun 1870, kastil ini ditinggalkan dan tidak digunakan, dan beberapa tahun kemudian beberapa bangunan di area kastil dihancurkan, untuk dijadikan lokasi pemerintahan Odawara serta ditambahkan bangunan vila kekaisaran. Namun saat terjadi Gempa Besar Kanto tahun 1923, bangunan kekaisaran tersebut runtuh dan penampilan zaman Edo pun menghilang. 

Di tahun 1934 menara kastil kembali dibangun, ini menjadi hal yang ditungu-tunggu sejak 90 tahun sejak bangunan kastil tersebut ditinggalkan. Gerbang utama yakni, 常盤木門 (baca: Tokiwaki mon), Gerbang Tokiwaki selesai pada tahun 1971. 

Kastil Odawara telah ditetapkan sebagai situs bersejarah nasional pada bulan Agustus 1938. 

Menara Kastil Odawara


Menara kastil adalah simbol Kota Odawara. Ini adalah menara kastil majemuk yang bertingkat tiga, dengan ketinggain 38,7m di atas tanah, beton bertulang, dan memiliki total luas lantai 1822 m2. Untuk pagar tangga di lantai paling atas baru ditambahkan selama rekonstruksi.
Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Maket Bangunan Kastil Odawara. Sumber: www.odawaracastle.com


Di dalam menara, pengunjung dapat melihat ilustrasi yang menyampaikan tentang sejarah Odawara, seperti baju besi, pedang, gambar, dokumen kuno, serta bahan yang terkait dengan budaya samurai. Selain itu pengunjung juga dapat melihat Teluk Sagami dari lantai paling atas pada ketinggian sekitar 60 meter, kita Sahabat beruntung, di kala hari yang cerah Semenanjung Izu yang jauh pun bisa terlihat.

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Pemandangan dari atas Menara Kastil Odawara

Tokigawa Mon, Gerbang Utama Kastil Odawara

Tokiwagi-mon adalah gerbang utama Kastil Odawara, dan memiliki struktur yang kuat dibandingkan dengan gerbang lainnya. Gerbang dan bangunannya terintegrasi dan memiliki struktur dua lantai dengan gudang senjata dan pengintai. 

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
常盤木門, Tokiwaki Mon, Gerbang Tokiwaki. Sumber : www.japanbyweb.com



Lokasi Kastil Odawara 

Kastil Odawara berada di Kota Odawara, Prefektur Kanagawa. Selain Kastil Odawara,kota ini adalah titik transit utama untuk menuju ke area wisata pemandian air panas Hakone dan lokasi wisata Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu.Di kota Odawara sendiri, kawasan Yugawara adalah tempat wisata pemandian air panas yang terkenal.

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Lokasi Odawara berada di Wilayah Kanto, Jepang Bagian Timur



Akses Menuju Kastil Odawara

Ada beberapa alternatif untuk mencapai Kastil Odawara. 
Jika berangkat dari Tokyo, Sahabat bisa naik kereta lokal JR Tokaido Line tujuan Atami dan turun di Stasiun Odawara. Perjalanan dengan kereta ini memakan waktu sekitar 71 menit dengan harga tiket yang terjangkau yaitu sebesar 1,490 yen (Rp 150 ribuan).

Jika dari Yokohama, Sahabat bisa berangkat dari Stasiun Yokohama di Kanagawadengan mengambil JR Tokaido Line. Dari sini, perjalanan menuju Stasiun Odawara memerlukan waktu sekitar 60 menit. 

Dari Stasiun Odawara, Sahabat tinggal berjalan kaki saja selama kurang lebih 10 menit. 


Jam Operasional Kastil Odawara

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Jam operasional Kastil Odawara bervariasi tergantung pada fasilitas. Jam kerja biasanya dari jam 9:00 hingga 17:00 untuk menara kastil dan Tokiwagi-mon. Menara kastil buka pada saat festival, di musim panas, dan di Golden Week yang jatuh pada bulan Mei buka hingga pukul 19:00.

Biaya masuknya adalah 500 yen untuk menara kastil dan 200 yen untuk Tokiwagi-mon. Ngomong-ngomong, jika kamu membeli tiket untuk dua fasilitas, harganya 600 yen, jadi itu 100 yen untung dari harga daftar. (Per April 2019). 


Wisata Sejarah di Kastil Odawara

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Informasi tentang  Kastil Odawara. Sumber: www.japanbyweb.com

Bulan Mei 2019  lalu, kami sekeluarga berkesempatan untuk melancong ke kastil yang direferensikan karena keindahannya ini. Kala itu, begitu sampai di area pintu masuk kastil, kami sekeluarga disuguhi dengan cantiknya Wisteria Park.

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Berfoto dengan bunga Wisteria di area pintu masuk Kastil Odawara


Selain bisa menikmati bangunan sejarah yang berbeda dengan model dan bangunan istana di Indonesia (Kraton Yogyakarta dan Karton Solo), yang membuat kastil ini menarik untuk didatangi adalah adanya museum di dalamnya. Sahabat akan menjumpai beragam artefak, senjata hingga pakaian perang dari Zaman Edo, sehingga dapat belajar tentang  sejarah samurai di Jepang. 

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Di kompleks kastil Odawara terdapat pula Museum Sejarah Kastil atau 小田原城歴史けん文化 (baca : Odawara Jyo rekishi ken bunka). Di dalamnya terdapat dokumen dan benda bersejarah sambil menyusuri peradaban dan perkembangan kota Odawara.


Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Berfoto di dekat 常盤木門, Tokiwaki Mon, Gerbang Tokiwaki

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Merekam kenangan di depan 常盤木門, Tokiwaki Mon, Gerbang Tokiwaki, Kastil Odawara


Kami mengunjungi kastil ini bertepatan dengan masa liburan Golden Week (awal bulan Mei), sehingga jam operasional Kastil Odawara menjadi lebih panjang, bahkan sampai kami keluar jam 17.45 JST saja kastil Odawara masih buka. Memang sudah wajar terjadi, apabila masa liburan Golden Week lokasi wisata di Jepang selalu dipadati oleh pengunjung. Ditambah lagi karena libur Golden Week, maka tarif masuk tidak diberlakukan.

Hal ini membuat pengunjung yang hendak menaiki Menara Kastil harus mengantri. Meskipun begitu, pengunjung baik wisatawan lokal maupun asing tetap mengantri dengan rapi dan teratur. 

Karena kondisi yang sudah memasuki kehamilan bulan keenam, saya memutuskan hanya menunggu di pelataran taman kastil. Sedangkan ayah dan kakak masuk ke barisan antrian untuk menaiki menara. Ada pohon sakura yang berukuran besar serta beberapa bangku di pelataran kastil ini, sehingga aku bisa menunggu dengan nyaman. 

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Pelataran taman di area Kastil Odawara. Sumber: www.japanbyweb.com


Meski tidak ikut naik ke atas, mereka tidak lupa mengambil beberapa gambar suasana yang ada di atas menara bahkan, membelikan お土産 (baca: omiyage) yang berarti souvenir, untuk dibawa pulang. 

Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Souvenir untuk dibawa pulang


Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Kota Odawara dari ketinggian. Dokumentasi pribadi


Kastil Odawara, Wisata Sejarah di Kanagawa Jepang
Meski sempat mendung, tidak melewatkan untuk berfoto berlatar Kastil Odawara


Berwisata sejarah bersama keluarga banyak memberikan pengalaman dan hal yang bisa dipelajari. 

Sekian ulasan tentang Kastil Odawara. Semoga bermanfaat. 
Salam hangat

ARL


You May Also Like

11 comments

  1. wah kastilnya megah sekali, berharap nanti saya bisa mengunjungi Jepang juga ya :D

    ReplyDelete
  2. Kastil Odawara megah banget ya, Mbak. Meski keliatannya sederhana tapi megah. Aku tu suka jalan-jalan ke tempat bersejarah gini.

    ReplyDelete
  3. Aku mau ke kastil ini. Bagus banget arsitekturnya. Sesekali wisata sejarah ke Jepang, selain wisata kekinian dan modern di negeri maju ini.

    ReplyDelete
  4. Suka deh mba, ulasannya lengkap sekali. Jd membayangkan berada disana juga. Hoho..

    ReplyDelete
  5. Selalu menarik mempelajari sejarah dan budaya negeri lain. Megah sekali istananya. Thank you sharingnya ya mba

    ReplyDelete
  6. Kastilnya masih bertahan megah ya sampai sekarang. Luar biasa memang ya Jepang ini dalam mempertahankan monumen prasasti nya

    ReplyDelete
  7. Ini kok kaya kastil yang di benteng takeshi ya mbak. Wkwkwk..

    Saya juga sering lihat kastil seperti ini di komik. Cuma lupa judul komiknya apa.

    ReplyDelete
  8. Meskipun negara kecil, istananya yang yang terkenal sampe 100 itu buanyak buanget yah mba 😁

    Itu Si Kakak sama bunga Wisteria nya mecing banget ya Mba, sama-sama cantik pula 😊

    ReplyDelete
  9. Entah kenapa saya selalu takjub dan rindu ingin menjejak ke jepang. Suasana negaranya seperti menyimpan banyak cerita ya.. seperti kastil ini.. ornamen dan desainnya seperti menyimpan banyak hal untuk digali dan di ceritakan ya mba.. senang pasti bisa berada di sana menjejak

    ReplyDelete
  10. Senengnya bisa berkunjung ke negeri sakura ya mba..Jepang memang punya banyak objek wisata dan itu biasanya ada sejarah di balik wisatanya ya mba.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝