UA-169280022-1 Kuliner Jepang, Menikmati Ikan Sanma saat Musim Gugur - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Kuliner Jepang, Menikmati Ikan Sanma saat Musim Gugur

by - December 04, 2020

Kuliner Jepang, Menikmati Ikan Sanma saat Musim Gugur.

Autumn atau periode setelah musim panas adalah salah satu musim yang sangat memikat. Tak hanya bagi wisatwan yang datang ke Jepang, musim gugur sepertinya juga menjadi musim favorit bagi seluruh penduduk Jepang. Selain suhu udaranya yang sejuk, musim gugur merupakan musim saatnya memanen hasil tani dan lading meraka. Artinya ada banyak bahan makanan di sana. Musim saat orang Jepang akan memanjakan diri dengan berbagai makanan yang unik serta lezat. Kuliner Jepang, Menikmati Ikan Sanma saat Musim Gugur. 


Kuliner Jepang, Menikmati Ikan Sanma saat Musim Gugur. 


Hidangan laut merupakan menu yang sangat digemari oleh warga yang tinggal di salah satu negara yang terletak di Asia Timur ini. Salah satunya adalah ikan sanma. Ikan sanma merupakan hidangan lauk yang banyak dicari saat musim gugur. Sambil menikmati hasil panen, menu olahan ikan yang juga dikenal sebagai Sauri Pasifik ini sangat enak disantap bersama keluarga. 


Kuliner Jepang, Menikmati Ikan Sanma saat Musim Gugur. 

Sanma merupakan sebutan warga Jepang terhadapa ikan yang memiliki nama latin Cololabis saira ini.  Dari hasil belajar penulis bersama Sensei, sebutan untuk guru dalam bahasa Jepan, 秋刀魚, (baca: sanma) ini adalah kanji ikan sanma. Terdiri dari dari kanji 秋 (aki) yang artinya musim gugur, kanji 刀 (katana) yang artinya pedang, dan kanji 魚 (sakana) yang berarti ikan. Bentuk tubuh ikan ini panjang langsing serta berwarna perak berkilap seperti pedang. Kaitannya dengan musim gugur adalah periode saat ikan yang bersisik kecil ini sedang berada di sekitar lepas pantai Jepang. 

Dari hasil penelusuran di beberapa sumber, salah satunya Wikipedia, hal yang membuat ikan ini banyak dijual saat musim gugur adalah karena saat itu ikan yang melarikan diri dengan melompat dari laut bagaikan meluncur ke udara ini, berenang mengikuti arus air laut dingin untuk bermigrasi ke Samudra Pasifik guna bertelur di lepas pantai Tohoku dan Kanto, daerah di Jepang yang berada di Pulau Honshu bagian utara dan tengah. 



Kuliner Jepang, Menikmati Ikan Sanma saat Musim Gugur.
Ikan Sanma yang dipanggang. Sumber: https://tsurihack.com


Kuliner Jepang, Menikmati Ikan Sanma saat Musim Gugur.
Hidangan Sashimi Ikan Sanma. Sumber: https://www.yamauchi-f.com/

Bentuknya yang langsing memanjang membuat ikan ini dapat berenang dengan gesit, menjadikannya sangat lezat saat disantap. Dengan ukuran sisiknya yang kecil, membuat sisik ikan ini mudah terlepas sangat diangkat dengan menggunakan jala. Di periode musim gugur juga kerap didapati pasar swalayan yang memberikan harga khusus untuk ikan yang memiliki telur berdiameter 1,7 mm hingga 2,2 mm ini. 

Kuliner Jepang, Menikmati Ikan Sanma saat Musim Gugur
Memberikan harga miring menjadi program di pasar swalayan saat musim gugur. Sumber: Dokumentasi pribadi



Bagi warga yang tinggal di negara yang terkenal dengan olah raga Sumo tersebut, biasanya menyantap hidangan ikan sanma dengan cara dipanggang setelah ditaburi sedikit garam. Tetapi ada juga restoran yang menyajikan ikan sanma sebagai sashimi atau sushi.


Nah, itu tadi informasi tentang salah satu jenis ikan yang ada di Jepang. 

Saat Sahabat berkesempatan jalan-jalan ke Jepang, coba untuk mencicipi ikan Sanma ini ya. 


Salam 

ARL 






You May Also Like

1 comments

  1. duh sashimi memang hidangan paling nikmat :D jadi ngidam sushi nih hihihihihihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝