UA-169280022-1 Kehidupan di Jepang, Mengenal Kota Tsukuba - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Kehidupan di Jepang, Mengenal Kota Tsukuba

by - March 22, 2021

Kehidupan di Jepang, Mengenal Kota Tsukuba


Saat mendapatkan kesempatan untuk merantau, bisa pergi ke tempat sambil menikmati suasana yang berbeda dengan tanah air tentu menjadi pengalaman yang berkesan. Inilah salah satu kota di Jepang yang identik dengan pengetahuan, penelitian dan juga teknologi. Kehidupan di Jepang, Mengenal Kota Tsukuba

Mengenal Kota Tsukuba


Tsukuba

Tsukuba, つくば atau dengan huruf kanji tertulis 筑波, merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Ibaraki bagian selatan, berjarak sekitar 56 km dari pusat Kota Metropilitan Tokyo. Untuk mencapai kota yang berada di pulau Honsu, pulau terbasar di Jepang, hanya dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan kereta ekspress, Tsukuba Express. Dari Narita International Airport, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke kota dengan luas wilayah kurang lebih 285 km2 ini dengan moda transportasi bus. 

Kehidupan di Jepang, Mengenal Kota Tsukuba

Lokasi Tsukuba di Provinsi Ibaraki, Jepang. Sumber: Google Maps


Gunung Tsukuba yang berada di bagian utara wilayah, menjadi salah satu destinasi wisata alam dari kota yang berada dataran rendah ini. Sebagai kota yang direncanakan sejak tahun 1960 sebagai wilayah pengembangan, Universitas Tsukuba mulai serta pusat-pusat penelitan mulai dibangun. Meskipun demikian sampai saat ini, masih banyak dijumpai lahan petanian dan perkebunan selain research centre. Banyaknya taman yang dibangun di area kota serta Danau Kasumigaura, danau terbesar kedua di Jepang, yang terletak di bagian selatan pun menjadi salah satu daya tarik sendiri yang ditawarkan oleh kota yang dipimpin oleh Bapak Tatsuo Igarashi , Walikota Tsukuba. 

Tsukuba Gakuen Toshi つくば学園都市, nama lain dari kota ini memiliki makna Tsukuba Research and School City. Kota ini dibangun sebagai proyek nasional dengan dua tujuan. Yang pertama adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan serta menciptakan basis untuk penelitian dan pendidikan tingkat tinggi. Tujuan yang kedua adalah untuk meringankan kepadatan ibukota Jepang, Tokyo. Keduanya diwujudkan dengan secara sistematis merelokasi berbagai lembaga penelitian yang berada di Tokyo dan wilayah lainnya ke kota yang awalnya bernuansa pedesaan ini. 


Kota ini sekarang menjadi wilyah dengan akumulasi teknologi sains terbesar di Jepang, di mana sekitar 150 lembaga penelitian baik perusahaan pemerintah maupun dan swasta berada. Oleh sebab itu, pengembangan fasilitas serta moda transportasi menjadi mutlak dilakukan untuk menunjang kelancaran dan kenyamanan bagi seluruh warganya. Meskipun telah menjadi pusat penelitian dan pengetahuan, ia masih tercatat sebagai kota dengan lahan petanian yang luas di Provinsi Ibaraki. Dengan terbentukya Tsukuba Science City, munculnya lembaga penelitian menarik banyak investor untuk mendirikan pabrik serta industry di sana. 

Baca Juga: Tsukuba Centre, Pusat Kota yang Terintegrasi

Saat mengunjungi suatu negara, pergi ke lokasi wisata edukasi pun menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dilakukan. Jepang sangat apik dalam mengelola tempat wisata edukasi sehingga pelancong yang datang akan sangat nyaman dan betah menikmati sajian informasi yang diberikan. Hal ini sedikit demi sedikit mulai diterapkan juga di tanah air, sehingga nantinya Indonesia tidak akan kalah dalam mengelola lokasi wisata edukasi. 

Semoga bermanfaat. 

ARL 

You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝