UA-169280022-1 Kehidupan di Jepang. Pengalaman Tes PCR di masa Pandemi Covid-19, Maret 2021 - Lembar Arsita Rahadiyani, Personal Blog milik Arsita Rahadiyani Loekito berisi cerita dan pengalaman

Kehidupan di Jepang. Pengalaman Tes PCR di masa Pandemi Covid-19, Maret 2021

by - April 02, 2021

Kehidupan di Jepang. Pengalaman Tes PCR di masa Pandemi Covid-19, Maret 2021


Kembali ke tanah air tentu merupakan hal yang sangat ditunggu bagi semua perantau, salah satunya kami. Sebagai keluarga dari pelajar yang baru saja menyelesaikan tugas belajar di luar negeri, pulang kembali ke Indonesia menjadi masa yang penuh emosional. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, banyak sekali prosedur tambahan yang haru ditaati dan dijalankan, salah satunya adalah tes PCR. Kehidupan di Jepang. Pengalaman Tes PCR di masa Pandemi Covid-19, Maret 2021. 


Kehidupan di Jepang. Pengalaman Tes PCR di masa Pandemi Covid-19, Maret 2021. 


Sampai dengan awal tahun 2021 ini, pandemi Corona di beberapa wilayah di dunia belum juga mereda, begitu pun di Jepang maupun di Indonesia. Hal ini menyebabkan ada beberapa kebijakan tambahan yang diberikan kepada pihak yang akan memasuki suatu negara di masa Pandemi Covid-19, yakni pemeriksaan tes PCR. 


Apa itu Tes PCR?


Tes Polymerase Chain Reaction  atau yang lebih akrab di telinga dengan tes PCR merupakan jenis pemeriksaan untuk mendeteksi pola genetik (DNA dan RNA) dari suatu sel, kuman, atau virus, termasuk virus Corona (SARS-CoV-2). Hingga saat ini, tes PCR merupakan tes yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendiagnosis COVID-19. Tingkat akurasi tes PCR cukup tinggi, tetapi pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga hasilnya keluar, yaitu sekitar 1–7 hari.


Pengalaman Tes PCR di Jepang saat Pandemi Covid-19, Maret 2021. 


Masa kepulangan yang bertepatan dengan masa pandemi Covid-19 mengharuskan kami untuk melakukan tes PCR terlebih dahulu, tidak hanya satu kali melainkan sampai 3 kali. Ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021, perlu dilakukan tes RT-PCR sebanyak 3 (tiga) kali,yakni: 

  • ​​72 jam sebelum keberangkatan;
  • 24 jam setelah ketibaan di Republik Indonesia; dan
  • 5 hari setelah ketibaan/isolasi hotel di Indonesia.

Informasi perihal tes PCR bagi warga yang hendak masuk ke Indonesia, baik WNI maupun WNA bisa dilihat dari website Kementerian Luar Negeri ini


Berdasarkan informasi dari Testing Centre for Overseas Travellers yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja, ada fasilitas kesehatan yang sudah diberikan kewenangan untuk mengeluarkan hasil tes PCR bagi penduduk yang tinggal di Jepang. 

Institusi atau fasilitas kesehatan mana saja yang bisa mengeluarkan hasil PCR di Jepang, bisa dilihat pada daftar tempat tes pcr di Jepang ini. 

Bagi penduduk yang tinggal di Tsukuba seperti kami, tes PCR bisa dilakukan di 筑波メディカルセンター atau Tsukuba Medical Centre Hospital. Informasi ini bisa dilihat pada urutan nomor 41 dalam Daftar Tempat Tes PCR di Jepang


Baca Juga : Mengenal Kota Tsukuba


Pengalaman Tes PCR di Jepang saat Pandemi Covid-19, Maret 2021. 

Sudah menjadi hal yang wajar di Jepang, jika hendak melakukan sesuatu hendaknya didahului dengan proses reservasi atau dalam bahasa jepang disebut dengan 予約を取る, yoyaku wo toru, mengambil pemesana. Konsumen harus melakukan proses pengambilan reservasi sebelum mendapatkan pelayanan seperti periksa di klinik, pemeriksaan kesehatan di RS, pembelian tiket bus, pembeliaan tiket konser bahkan untuk pergi ke wahana sekelas Tokyo Disney Sea pembelian tiketnya pun diarahkan untuk mendapatkan tiket dengan sistem pemesanan di awal. 


Sehingga terlebih lagi untuk kesehatan yang sangat riskan seperti PCR ini, maka sistem reservasi atau pemesanan di awal tentulah diterapkan di negeri Sakura ini. 


Untuk yang hendak melakukan tes PCR di Tsukuba Medical Centre Hospital, pemesanannya dilakukan melalui website Tes PCR di Tsukuba Medical Centre Hospital.

Proses pemesanan bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Kami sendiri melakukan reservasi sejak pekan kedua bulan Februari 2021. Bila dihitung adalah sekitar 40 hari sebelum tanggal keberangkatan kami menuju Indonesia. Sedangkan besaran uang yang harus dialokasikan untuk tes PCR adalah 15.000 yen untuk tiap orangnya. 

Sebelum melakukan pemesanan via website, kami sempat melakukan kontak via telepon kepada pihak RS karena untuk konsultasi beberapa hal. 

Pertama, karena jadwal rencana kepulangan kami yang jatuh pada Selasa, 30 Maret 2021, kami menanyakan kepastian hasil tes PCR bisa diterima. Karena bila mengacu kepada ketentuan Surat Keputusan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021, perihal tes pertama harus dilakukan 72 jam sebelum waktu keberangkatan, maka kesempatan kali melakukan tes PCR hanya ada di hari Senin, 29 Maret 2021 saja. Sehingga kepastian bahwa hasil PCR bisa kami perileh di hari yang sama, benar-benar diperlukan. Alhamdulillah, petugas di seberang sambungan telepon saat dihubungi menjawab dengan pasti bahwa hasil PCR bisa diperoleh di sore hari di tanggal yang sama dengan pemeriksaan. 


Kedua, perihal tes PCR bagi balita. Sampai pekan kedua Februari 2021, informasi terakhir yang kami peroleh adalah website pemerintah Indonesia menyebutkan bahwa untuk anak usia di bawah 6 tahun tidak diperlukan tes PCR. Namun berselang empat hari pasca kami menghubungi Tsukuba Medical Centre Hospital via telepon, ada informasi dari pihak maskapai penerbangan yang kami gunakan untuk kepulangan ke tanah air, Garuda Indonesia, bahwa seluruh penumpang pesawat harus membawa dokumen tes PCR. Artinya, anak kedua kami yang pada 30 Maret 2021 baru akan berusia 1 tahun 7 bulan pun harus melakukan tes PCR. Sehingga kami kembali menelepon pihak RS untuk mengkonfirmasi perihal tes PCR bagi balita. Dan hasilnya, mereka bisa melayani pemeriksaan PCR bagi anak di bawah 6 tahun juga, dengan harga yang sama dengan dewasa. 


Pengalaman Pemeriksaan Tes PCR di Jepang saat Pandemi Covid-19. 

Agar lebih mudah, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan tes PCR di Jepang saat Pandemi Covid-19, khususnya di Tsukuba Medical Centre Hospital. 


A. Pendaftaran Pemeriksaan Tes PCR di Jepang

  • Siapkan data-data yang diperlukan untuk proses pemesanan tes PCR. 
    • Nama
    • Tanggal Lahir
    • Alamat domisili
    • Nomor passpor

       Pastikan menulis dengan benar, karena aka tertulis di lembar hasil Tes PCR. Lembar ini akan diperiksa di bandara, baik saat keberangkatan (check-in)  maupun kedatangan di tanah air. 

  • Setelah pemesanan, akan mendapatkan konfirmasi melalui surat elektronik. Di dalamnya berisi nomor pendaftaran serta waktu pelaksanaan tes PCR. Catat dengan baik. Karena ini harus ditunjukkan saat proses pemeriksaan di hari H nanti. 


B. Pelaksanaan Pemeriksaan Tes PCR di Jepang

  • Datang sesuai waktu yang sudah diinformasikan melalui surat elektronik 
  • Bawa identitas diri : Paspor 
  • Menuju area tes. Antrilah dengan tertib. 
  • Petugas akan mendata setiap orang yang datang secara urut. Masing-masing orang akan mendapatkan nomor antrian baru, kartu pemeriksaan RS serta kertas yang berisi tentang jam pengambilan hasil tes.
  • Area tes, dilakukan di luar ruangan, sehingga bisa dilakukan dengan berjalan kaki maupun sambil mengendarai mobil alias Drive Thru.
  • Ikuti arahan petugas kesehatan
  • Bersikap tenang/rileks. Sampel akan diambil melalui lubang hidung. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik saja. 
  • Tes selesai dilakukan, bisa langsung meninggalkan area tes. 
  • Kembali ke RS sesuau waktu yang sudah diinformasikan untuk mengambil hasil tes PCR.


Kehidupan di Jepang. Pengalaman Tes PCR di masa Pandemi Covid-19, Maret 2021
Menyiapkan dokumen paspor sebelum ditanya oleh petugas pendaftaran pemeriksaan tes PCR


Kehidupan di Jepang. Pengalaman Tes PCR di masa Pandemi Covid-19, Maret 2021
Pemeriksaan Tes PCR di Tsukuba Medical Centre Hospital selain dilakukan dengan berjalan kaki, bisa juga dengan layanan secara Drive Thru. Sumber: Dokumentasi pribadi 


Pengambilan Hasil Pemeriksaan Tes PCR di Jepang

  • Datang sesuai waktu yang tertulis di kertas pemberian petugas saat pendaftaran tadi. 
  • Area pengambilan hasil adalah di lobby rumah sakit.
  • Beda fasilitas kesehatan mungkin akan berbeda juga lokasi pengambilannya. 
  • Menunjukkan Kartu Pemeriksaan RS kepada petugas resepsionis
  • Petugas akan memberikan dokumen hasil tes PCR. Pastikan untuk mengecek kembali penulisan : Nama Lengkap, Kewarganegaraan dan Nomor Paspor. 
  • Melakukan pembayaran di loket kasir. Biaya yang dibutuhkan adalah 15.000 yen per orang. 
  • Hasil pemeriksaan tes PCR bisa dibawa pulang. 


Alhamdulillah pemeriksaan tes PCR kami sekelurga menunjukkan hasil negatif. Lega sekali mendengar dan membaca dokumen hasil pemeriksaan tes PCR tersebut. Tahap selanjutnya ada persiapakan akhir menjelang keberangkatan untuk kembali ke tanah air. InshaaAllah pengalaman ini akan dituliskan di artikel terpisah. 

Semoga tulisan yang berisi pengalaman kami sekeluarga dalam menjalani pemeriksaan tes PCR di Jepang saat pandemi Covid-19 ini bisa bermanfaat bagi seluruh Sahabat yang menbaca. 

Sekian

Terima Kasih

ARL

You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkomentar dengan santun 😊

Cara mengisi komentar:
Pilih NAME/URL, Ketik dengan URL Blog, Isi komentar 📝